CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, 23 Desember 2010

Membangun ROUTER, DNS SERVER, WEB SERVER, DHCP SERVER, FTP SERVER dan MAIL SERVER dengan menggunakan XAMPP dan JOOMLA di LINUX OPEN-SUSE 11.1

“ INSTALLASI LINUX OPEN-SUSE 11.1 BESERTA SETTING ROUTER, DNS SERVER, WEB SERVER, DHCP SERVER, FTP SERVER dan MAIL SERVER dengan menggunakanXAMPP dan JOOMLA di LINUX OPEN-SUSE 11.1 "




Di Susun Oleh :

Nama : Hikmatul Ilmiyah

Kelas / No.Absen : XII TKJ1 / 13

Program Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan

Bidang Keahlian : Teknik Informatika dan Komunikasi





PEMERINTAH KABUPATEN PASURUAN

DINAS PENDIDIKAN NASIONAL

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 PURWOSARI

Jl. Raya Purwosari-Purwosari-Pasuruan Telp.(0343) 613747 Fax.(0343)614367

E-mail : smkn1pasuruan@igi-alliance.com

Website : www.smkn1purwosari.net

Desember 2010



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah S.W.T, karena atas limpahan rahmat, dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini dengan sebaik-baiknya meski belum mencapai kesempurnaan, dan tidak lupa pula shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad S.A.W yang telah memberikan Teladan yang begitu baik bagi kita semua. Laporan ini saya buat berdasarkan atas usaha dan praktek yang telah saya lakukan. Sedangkan maksud dan tujuan saya dalam pembuatan laporan ini adalah untuk memenuhi tugas laporan dari guru pembimbing dan juga laporan yang saya buat dengan judul INSTALLASI LINUX OPEN-SUSE 11.1 BESERTA SETTING ROUTER, DNS SERVER, WEB SERVER, DHCP SERVER, FTP SERVER dan MAIL SERVER dengan menggunakan XAMPP dan JOOMLA di LINUX OPEN-SUSE 11.1 ini dibuat untuk memenuhi nilai Tugas Akhir kelas XII.

Dan tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu saya dalam penyusunan laporan ini mulai dari awal hingga akhir. Diantaranya:

1. Bapak Ir. Dadik Hariyadi, selaku Kepala sekolah SMK Negeri 1 Purwosari yang telah menyediakan fasilitas yang saya butuhkan dalam penyusunan tugas laporan ini.

2. Bapak Gabriel Wao, ST. Selaku Guru Produktif yang telah membimbing saya dalam melaksanakan tugas laporan ini.

3. Bapak Drs. Djarot Mudjianto. Selaku Guru Produktif yang telah membimbing saya dalam melaksanakan tugas laporan ini.

4. Bapak Nu’man, selaku guru pendamping, yang selalu mendampingi saya dalam melakukan berbagai praktek sekaligus dalam penyusunan laporan ini.

5. Teman-teman serta pihak lain yang mendukung keberhasilan laporan ini dan selalu memberikan dorongan semangat kepada saya dalam menyelesaikan laporan ini.

Saya menyadari bahwa dalam pelaksanaan penyusunan laporan ini masih begitu banyak kekurangannya. Maka dari itu saya mohon kritik dan saran yang dapat membangun untuk menjadikan laporan ini lebih baik dan bisa lebih di sempurnakan lagi.

Purwosari, 08 Desember 2010


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Berbagai macam ilmu pengetahuan sangat diperlukan oleh setiap orang, baik tua maupun muda, baik laki-laki maupun perempuan. Pada laporan ini saya akan menjelaskan beberapa informasi tentang bagaimana cara “INSTALLASI LINUX OPEN-SUSE 11.1 BESERTA SETTING ROUTER, DNS SERVER, WEB SERVER, DHCP SERVER, FTP SERVER dan MAIL SERVER dengan menggunakan XAMPP dan JOOMLA di LINUX OPEN-SUSE 11.1”.

Saya mendapatkan beberapa informasi tersebut dari berbagai sumber yang saya temukan. Pembuatan laporan ini didasari oleh pemberian tugas dari guru dan juga sebagai pembelajaran praktek yang diberikan oleh guru pembimbing. Dalam pembuatan laporan ini saya tidak merasa terpaksa, karena dengan mempelajarinya, menjadikan saya lebih mengenal tata cara dalam “INSTALLASI LINUX OPEN-SUSE 11.1 BESERTA SETTING ROUTER, DNS SERVER, WEB SERVER, DHCP SERVER, FTP SERVER dan MAIL SERVER dengan menggunakan XAMPP dan JOOMLA di LINUX OPEN-SUSE 11.1”.

Dewasa ini perkembangan teknologi begitu pesat, terutama pada perkembangan computer. Apalagi sekarang ini sangat berkembang pula system jaringan yang dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna computer. Orang-orang tidak perlu bersusah payah untuk melakukan pencarian informasi yang tepat dan akurat. Dengan system computer yang berkembang saat ini, seseorang bisa dengan mudah melakukan pencarian tentang data informasi yang tepat dan akurat hanya dengan melakukan browsing melalui internet.

Computer merupakan alat penunjang sarana Informasi dan Komunikasi. Dan tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Bahkan kita juga menjumpai computer diberbagai macam organisasi, mulai dari perusahaan besar, perkantoran, warnet, sekolah-sekolah bahkan sampai personal yaitu pada tiap-tiap individu. Dengan computer semua orang dapat melakukan berbagai macam aktivitas, terutama dengan adanya jasa layanan internet. Berbagai jenis layanan internet seperti www (world wide web) untuk layanan web, FTP (File Transfer Protokol) untuk mempermudah melakukan Download ataupun Upload data, dan lain sebagainya.

B. Tujuan

v Tujuan Umum

· Bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru pembimbing dalam pemberian nilai

· Sebagai bukti dari hasil praktek yang telah dilakukan selama ini

· Sebagai sarana tambahan belajar pembaca

v Tujuan khusus

· Meningkatkan dan mengembangkan ketrampilan dari masing-masing siswa, serta kemampuan dalam proses pengoperasian Operating System Linux Open-Suse 11.1 dengan berbasis text

· Memberi kemudahan dalam melakukan penulisan sebagai bahan tambahan praktek dalam lingkungan kerja nantinya.

· Penyempurnaan pembelajaran pada Konfigurasi Operating System Linux untuk dikoneksikan ke internet.

· Dapat mengetahui tata cara dalam melakukan pembangunan Server, Router, Proxy, Web Server, Mail Server, DHCP Server, FTP dengan menggunakan Operating System Linux khususnya pada Linux Open-Suse 11.1.

Pada intinya laporan ini saya buat dengan maksud dan tujuan untuk menambah pengetahuan kita semua tentang tata cara “INSTALLASI LINUX OPEN-SUSE 11.1 BESERTA SETTING ROUTER, DNS SERVER, WEB SERVER, DHCP SERVER, FTP SERVER dan MAIL SERVER dengan menggunakan XAMPP dan JOOMLA di LINUX OPEN-SUSE 11.1”. Terutama untuk meningkatkan pengetahuan saya sebagai seorang pelajar yang masih kurang begitu mengetahui dan memahami tentang tata cara “INSTALLASI LINUX OPEN-SUSE 11.1 BESERTA SETTING ROUTER, DNS SERVER, WEB SERVER, DHCP SERVER, FTP SERVER dan MAIL SERVER dengan menggunakan XAMPP dan JOOMLA di LINUX OPEN-SUSE 11.1” sebelumnya. Saya membuat laporan ini juga untuk meyelesaikan tugas akhir kelas XII yang diberikan oleh guru pembimbing kepada saya.

BAB II

PEMBAHASAN

Installasi Linux Open-Suse 11.1 berbasis Text

Langkah-langkah installasi Linux Open-Suse 11.1 adalah sebagai berikut :

1. Masukkan DVD Linux Open-Suse 11.1 yang akan digunakan untuk melakukan installasi

2. Atur BIOS agar Boot From CD

3. Setelah men-setting BIOS tekan F10 untuk menyimpannya dan computer akan melakukan restart, tunggu hingga proses selesai.

4. Untuk tampilan berikutnya, pada installation anda tekan F3 (untuk memilih mode grafiknya), kemudian anda pilih Text Mode, lalu enter

5. Computer akan melakukan proses (Loading Linux Kernel) untuk melakukan proses penginstallasian

6. Setelah itu akan muncul jendela pemilihan bahasa, anda pilih bahasa sesuai dengan keinginan anda, misalkan bahasa English seperti pada tampilan tersebut, setelah selesai memilih anda pilih next untuk melanjutkan proses installasinya

7. Open-Suse akan melakukan deteksi hardware dan system yang ada. Tunggu beberapa saat hingga proses deteksi selesai

8. Kemudian akan muncul Installation Mode, pada tampilan ini terdapat beberapa pilihan seperti pada tampilan berikut. Anda pilih New Installation karena proses ini merupakan installasi awal, lalu next untuk melanjutkan prosesnya

9. Setelah itu, anda akan memasuki Clock and TimeZone, untuk Region anda pilih Asia, lalu Time Zone anda bisa pilih Jakarta. Pilih Region dan Time Zone yang sesuai dengan daerah anda

10. Untuk tampilan berikutnya yaitu Dekstop Selection, pada tampilan ini terdapat pilihan GNOME, KDE 4.1 dan Other. Karena proses installasi ini menggunakan Text Mode, maka anda bisa memilih Other lalu pilih Minimal Server Selection (Text Mode) dan Next

11. Tahap selanjutnya adalah menentukan formasi harddisk. Jika sudah memilih data pada harddisk, pastikan agar data yang sudah ada tidak termasuk kedalam bagian yang akan diformat, anda edit partisi yang ada

12. Anda delete semua partisi yang ada

alt+l, yes

13. Kemudian anda Add kembali partisi-partisi yang akan digunakan

14. Untuk partisi yang pertama yaitu root (/), anda atur Size-nya menjadi 2GB lalu next

15. Muncul tampilan selanjutnya, yaitu pada Mount Point anda pilih / (root) lalu finish

akan muncul tampilan yang enandakan bahwa partisi root (/) sudah ditambahkan

16. Untuk langkah berikutnya, sama seperti cara di atas. Tapi pada tampilan ini, kita akan menambahkan partisi swap, pilih add unutk menambahkan.

Pilih Next

17. Akan muncul tampilan untuk partisi swap berikut :

Pada Size, isikan 512MB, karena partisi /swap ini paling kecil kapasitasnya.

18. Kemudian akan muncul tampilan pemilihan partisi /swap ;

Pada Mount Point dan file system anda pilih /swap lalu finish

19. Akan muncul tampilan yang menandakan bahwa partisi /swap juga telah di tambahkan :

20. Langkah selanjutnya adalah menambahkan lagi partisi yang berikutnya, yaitu partisi /home

Pada tampilan ini anda bisa langsung next

21. Maka akan muncul tampilan pengisian size, anda isikan :

Pada size anda isikan 1GB, lalu next

22. Akan muncul tampilan pemilihan :

Anda pilih /home pada Mount Point-nya, lalu finish

Akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Partisi /home telah di tambahkan

23. Untuk partisi yang terakhir yaitu /opt, tambahkan /opt dengan meng-add partisi opt. pada tampilan selanjutnya ini anda bisa memilih seperti berikut :

Pilih next untuk melanjutkan prosesnya

Maka akan muncul tampilan pengisian size :

Isikan 1GB pada Size-nya, lalu next

24. Pada tampilan berikut ini anda pilih /opt pada Mount Point-nya, setelah itu finish :

25. Akan muncul tampilan yang menandakan :

Menandakan bahwa semua partisi telah di tambahkan, lalu pilih Accept

26. Proses edit partisi telah selesai, akan muncul tampilan berikut ini :

Anda pilih next untuk melanjutkan prosesnya

27. Kemudian akan muncul tampilan pengisian username dan password :

Anda lalu pilih next

28. Akan muncul tampilan pemilihan :

Anda pilih yes lalu enter

Pada tampilan selanjut, anda juga pilih yes, lalu enter

29. Maka installation setting-nya akan memprosesnya, tunggu hingga prosesnya selesai

saat prosesnya selesai Anda pilih Install

30. Maka akan muncul tampilan confirm installation, :

Anda pilih install untuk melanjutkan proses peng-installasian

31. Proses installasinya akan berjalan seperti tampilan dibawah ini, anda tunggu hingga prosesnya selesai :

akan muncul tampilan finishing Basic Installation :

32. Setelah itu computer akan melakukan restart computer,

33. Maka akan masuk ke dalam tampilan proses restart, anda tunggu hingga prosesnya selesai:

34. Setelah itu akan muncul tampilan berikut ini, sedangkan computer masih dalam keadaan me-restart

35. Muncul tampilan Welcome to openSuse 11.1, anda bisa lakukan log in untuk melakukan konfigurasinya dengan menggunakan text atau yast

36. Proses installasi Linux OpenSuse 11.1 berbasis text telah selesai dan sudah siap tuk digunakan


KONFIGURASI ROUTER

Ø Definisi Router

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju ke tujuannya, dengan melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Router digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server.

Langkah – Langkah Setting IP, yaitu sebagai berikut :

  1. Terlebih dahulu anda login sebagai root (sebagai superuser) dan masukkan password yang tadinya digunakan dalam proses penginstallan Linux Open-Suse 11.1

  1. Langkah selanjutnya, yaitu Install Links terlebih dahulu, dengan perintah :

# zypper install links (menggunakan text) atau bisa juga dengan yast –i links (apabila menggunakan yast)

  1. Kemudian anda matikan repositories, dengan perintah :

# zypper mr --disable –remote

  1. Anda matikan Firewall, dengan perintah :

# vi /etc/syscofig/network/config, Kemudian pada firewall ”yes” anda ganti dengan “no”

atau bisa juga dengan perintah SuSEfirewall12 off, apabila menggunakan text

5. Setting IP

Masuk ke directory /etc/sysconfig/network/ terlebih dahulu, dengan perintah :

# cd /etc/sysconfig/network/

Lalu # ls

  1. Jika saat anda ketikan perintah # ls, tidak terdapat eth0 maupun eth1 anda bisa copy eth0 dan eth1, dengan perintah ;

# cp ifcfg-lo ifcfg-eth0

# cp ifcfg-lo ifcfg-eth1

Kemudian anda ketikkan perintah # ls kembali

  1. Setelah itu anda bisa langsung masuk pada perintah :

# vi ifcfg-eth0

akan muncul tampilan seperti di bawah ini, anda bisa edit eth0 sesuai dengan gambar dibawah ini :

Setelah selesai mengeditnya anda tekan esc 2x shift :wq, untuk keluar dari tampilan tersebut

  1. Kemudian masuk pada eth1, dengan perintah :

# vi ifcfg-eth1

akan muncul tampilan untuk edit eth1 :

Setelah selesai mengeditnya anda tekan esc 2x shift :wq, untuk keluar dari tampilan tersebut

9. Untuk mengisikan IP gateway, anda bisa menggunakan perintah :

# vi routes

Maka akan muncul tampilan pengisian :

Anda isikan default 202.110.113.1 - - (IP dari gateway anda)

  1. Setelah itu perintah-perintah dari iptables sebagai berikut :

# iptables –t nat –A POSTROUTING –s 192.168.13.0/24 –j MASQUERADE

Simpan iptables dengan perintah :

# iptables-save > /etc/sysconfig/iptables (untuk menyimpan iptables)

# echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward

  1. Untuk melihat apakah iptables sudah tersimpan atau belum anda bisa mengeceknya dengan perintah :

# tail /etc/sysconfig/iptables

Atau dengan perintah :

# cat /etc/sysconfig/iptables

Apabila telah muncul angka 1, berarti iptables telah tersimpan.

  1. Penyimpanan iptables bisa juga dengan perintah :

# vi /etc/init.d/boot.local

Anda simpan iptables seperti pada tampilan berikut :

Atau dengan menggunakan perintah :

# vi /etc/init.d/network

Pada baris ke 475, anda bisa menambahkan :

Iptables-restore< /etc/sysconfig/iptables

Setelah itu esc 2x :wq, untuk keluar dari tampilan tersebut.

  1. # rcnetwork restart (untuk merestart networknya)

  1. # ifconfig eth0

# ifconfig eth1

  1. Kemudian anda lakukan ping ke ip eth0 dan ip eth1 (ip anda sendiri), dengan perintah :

# ping 202.110.113.2

# ping 192.168.13.1

Apabila muncul balasan / replay, maka anda telah berhasil melakukan konfigurasi routernya.


SETTING DNS

1. Install paket DNS-nya terlebih dahulu yaitu bind9, dengan perintah :

# Yast –i bind (apabila menggunakan yast), atau bisa juga dengan perintah zypper install bind (menggunakan text) :

2. Setelah install bind9, anda masuk pada di rectory named.conf, dengan perintah :

# vi /etc/named.conf

Akan muncul tampilan konfigurasi zone:

Anda lakukan konfigurasi seperti pada gambar di bawah ini :

- Tambahkan zona seperti berikut ini :

Zone “hikmah.net” in {

type master;

file “/master/hikmah.zone” ;

};

Zone “113.110.202.in-addr.arpa”in {

type master;

file “/master/202.110.113.zone” ;

};


Kemudian esc 2x shift :wq, untuk keluar dari tampilan tersebut.

Pada forwarder, anda isikan ip yang anda inginkan, seperti :

- Forwarders { 202.110.113.2; 10.210.254.2; };

- Directory /var/lib/name (tidak perlu diberi tanda pagar #)

- Beri tanda # pada include “/etc/named.conf.include”

  1. Anda restart network dan namednya, dengan perintah :

# rcnetwork restart (untuk restart networknya)

# rcnamed restart (untuk restart namednya)

  1. # cd /var/lib/named

kemudian ls, untuk melihat.

5. anda copy zone yang telah anda buat tadi, dengan perintah di bawah ini :

# cp localhost.zone master/hikmah.zone

# cp 127.0.0.zone master/202.110.113.zone

1. Kemudian masuk ke cd master/, dengan perintah :

# cd master/

Lalu # ls

2. Setelah itu ketikkan perintah :

# vi hikmah.zone

Edit zona seperti tampilan di bawah ini :

@ in SOA hikmah.net. root.hikmah.net.

@ IN NS ns.hikmah.net.

ns IN A 202.110.113.2

www IN CNAME ns.hikmah.net.

setelah mengubahnya, esc2x shift :wq, untuk keluar.

3. kemudian masuk ke perintah :

# vi 202.110.113.zone

Edit zona seperti tampilan di bawah ini :

@ IN SOA hikmah.net. root.hikmah.net.

@ IN NS ns.hikmah.net.

2 IN NS ns.hikmah.net.

setelah mengubahnya, esc2x :wq, untuk keluar.

4. lalu ketikkan perintah :

# vi /etc/resolv.conf

Akan muncul tampilan seperti di bawah ini, anda tambahkan seperti gambar di bawah ini :

Isikan seperti contoh dibawah ini :

Domain hikmah.net

Search hikmah.net

Nameserver 202.110.113.2

Nameserver 192.168.13.1

5. Anda restart network dan namednya, dengan perintah :

# rcnetwork restart

# rcnamed start

6. Cek menggunakan dig ke ns.hikmah.net, dengan perintah :

# dig ns.hikmah.net

7. anda juga bisa melakukan ping ns.hikmah.net

13. Anda juga bisa melakukan ping ke www, dengan perintah :

# ping www.hikmah.net, apabila ada balasan (replay ), maka konfigurasi yang telah anda lakukan sudah berhasil.

14. bisa juga dengan nslookup, perintah sama dengan di atas :

nslookup

Ø www.hikmah.net

15. Setelah semuanya bisa melakukan ping, dig dan nslookup, maka konfigurasi DNS yang anda lakukan telah berhasil.

MEMBANGUN PROXY SERVER

Untuk membangun proxy terlebih dahulu kita lakukan install paketnya, paket yang harus di install disini yaitu squid.

Langkah-langkah installasinya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, Install paket squid.conf, dengan perintah :

# zypper install squid

Anda install juga mc dengan perintah :

# zypper install mc

  1. Untuk langkah yang ke dua, lakukan konfigurasi file utama squid di direktori /etc/squid/, dengan perintah :

# vi /etc/squid/squid.conf, atau bisa juga dengan perintah :

# mcedit /etc/squid/squid.conf

Anda edit pada bagian-bagian seperti contoh di bawah ini :

· Untuk bagian yang pertama, konfigurasi port yang akn digunakan oleh squid. Keyword yang digunakan ialah http_port.

Keyword ini berfungsi untuk mengetahui pada port berapa squid berjalan dan hostname atau ip address berapa yang digunakan. Dalm mengedit keyword ini bisa juga kita menambahkan hostname atau ip address. Port ini akan memaksa user untuk melalui port ini saat mengakses internet, syaratnya yaitu dari web browser harus diisi ip server sebanyak proxy servernya. Tapi cara ini tidak efektif apabila jumlah clientnya terlalu banyak. Maka untuk mengatasinya kita dapat lakukan dengan cara transparent proxy. Cara ini juga berfungsi untuk memaksa user untuk melalui port tapi tanpa harus mengisikan ip dan port proxy.

- http_port 3128 transparent (terdapat pada baris 1068) atau bisa juga dengan ( seach (F7) port 3128 ).

· Keyword yang kedua adalah cache_access_log mengenai file log setiap ada request dari client ( aktifkan ).

cache_access_log /var/log/squid/access.log

Hilangkan tanda pagar ( # ) untuk mengaktifkan

· keyword yang ketiga yaitu log untuk cache secara umum ( aktifkan )

cache_log /var/spool/squid/cache.log

Hilangkan tanda pagar ( # ) untuk mengaktifkan

· keyword yang ke empat yaitu log yang mendefinisikan informasi-informasi seperti objek yang telah diolah oleh squid yang disimpan beserta lamanya objek tersebut disimpan. Untuk keyword ini tidak begitu penting sehingga tidak masalah jika mendisablenya, tapi jika anda ingin mengaktifkannya maka anda bisa menghilangkan tanda pagarnya.

cache_store_log /var/log/squid/store.log

· Selanjutnya adalah keyword yang ke lima, keyword ini digunakan untuk menentukan besarnya memory yang dipakai untuk squid dalam menangani objek-objek di dalam memory. Objek-objek tersebut merupakan header-header yang terdapat saat browsing internet yang berupa grafik, sound atau web page. Karena blok-blok tersebut sebesar 4 Kb, maka harus mendefinisikan cache_mem sebesar kelipatan 4 Kb. Secara default cache memory yang digunakan oleh squid disini hanya sebesar 8 MB. Nilai ini bukan merupakan jumlah total memory yang digunakan squid melainkan cachenya saja. Sedangkan untuk prosesnya membutuhkan beberapa Megabytes memory lagi. Pada saat squid server bekerja pada load yang berat, keseluruhan memory yang digunakan bisa mencapai 2 atau 3 kali lipat memory yang didefinisikan disini. Dengan kata lain jika mendefinisikan cache memory sebesar 8 MB squid akan menggunakan total memory sebesar 24 MB pada saat squid bekerja dengan berat. Idealnya cache memory ini ditentukan sebesar 1/4 atau ½ dari besar memory yang sesungguhnya.

cache_mem 128 MB

(seach (F7) cache_mem) atau bisa juga dicari pada baris 1689 atau pada cache option.

· Keyword yang keenam ialah cache_dir. Keyword ini mendifinisikan lokasi direktori cache squid, ukuran dan jumlah direktori di dalamnya. Dapat didefinisikan dalam beberapa direktori jika ingin menggunakan multile harddisk. Direktori yang didefinisikan harus dimiliki oleh user dan group squid berjalan dan squid mempunyai akses untuk menulis di direktori tersebut.

cache_dir ufs /var/spool/squid 10000 16 256

i. ufs adalah tipe direktorinya

ii. /var/spool/squid adalah lokasi direktori

iii. 10000 adalah jumlah harddisk maksimum (dalam MB).

iv. 16 adalah parameter subdirektori level-1 yang mendefinisikan jumlah subdirektori yang berada di bawah direktori /var/spool/squid tersebut.

v. 256 adalah parameter subdirektori level-2 yang mendefinisikan jumlah subdirektori dibawah subdirektori level-1. Dengan kata lain squid akan memiliki 4096 direktori di bawah /var/spool/squid.

· Untuk keyword yang ke tujuh yaitu membuat Access Control List yang digunakan untuk memanagement clien. Search keyword ” ACCESS CONROL LIST ” kemudian ketikan Access Control List untuk user di bawah keyword acl localhost src 127.0.0.1/255.255.255.255 .

acl localhost src 127.0.0.1/255.255.255.255

acl client_ilmiyah src 192.168.13.0/255.255.255.0

· Kemudian anda arahkan layar ke bawah, dan tambahkan Access Control List lagi di bawah argumen “ACL CONNECT METHOD”.

acl bloksitus dstdomain “/etc/squid/situs.txt”

acl blokkata url_regex –i “/etc/squid/kata.txt”

acl kecualikata url_regex –I “/etc/squid/kecuali”

· Setelah itu anda cari keyword “INSERT YOUR OWN....” kemudian ketikkan argumen di bawah argumen “acl our_networks…” dan tambahkan argumen berikut ini :

http_access allow client_ilmiyah

http_access allow kecualikata

http_access deny blokkata

http_access deny bloksitus

· Untuk membuat local cache atau alamat e-mail milik administrator dimana user dapat menghubungi administrator melalui e-mail apabila didapati akses internet oleh user ditolak. Anda bisa cari pada cache_mgr berikut :

cache_mgr ilmiyah

Simpan konfigurasi squid-nya.

  1. Selanjutnya membuat daftar dari situs-situs, kata-kata yang akan diblok maupun kata-kata yang diperbolehkan untuk diakses oleh client.

  1. kemudian anda sesuaikan letak dari daftar nama-nama situs yang akan diblok sesuai dengan konfigurasi pada squid. Pada konfigurasi sebelumnya seluruh daftar kata diletakkan di direktori /etc/squid. Buat file yang berisikan daftar situs-situs yang akan anda blokir. Ketikkan perintah :

# vi /etc/squid/bloksitus.txt

Situs-situs yang di blog : www.youtube.com , www.friendster.com . www.twitter.com , dan www.facebook.com

  1. Kemudian buat juga file untuk kata-kata yang diblokir, dengan ketikkan perintah :

# vi /etc/squid/blokkata.txt

Kata yang di blok : blog

  1. Jangan lupa untuk membuat file untuk kata-kata yang masih diperbolehkan untuk diakses tetapi mengandung kata-kata yang diblokir. Maka masukan daftar kata tersebut pada file “kecualikata”, dengan perintah :

# vi /etc/squid/kecuali.txt

Pengecualian : www.blogger.com

  1. Setelah membuat file-file diatas, hentikan layanan squid untuk sementara karena akan membuat swap direktori untuk squid. Setelah membuat ruang swap untuk squid jalankan kembali squid. Dengan perintah :

# squid –z

Kemudian : # rcsquid restart

Untuk memulai squid-nya kembali.

  1. Kemudian jalankan perintah berikut untuk merefresh layanan squid agar konfigurasi yang telah dilakukan di atas dapat berjalan. Anda ketikkan :

# squid –k reconfigure

  1. Restart layanan squid.

# rcsquid restart

  1. Setelah konfigurasi untuk squid selesai, maka langkah selanjutnya ialah memaksa client kita untuk mengakses internet sebelum ke router diarahkan ke proxy terlebih dahulu yang melalui port 80 dipaksa dan diarahkan menuju port 3128. Gunakan perintah prerouting melalui layanan iptables. Ketikkan :

# iptables –t nat –A PREROUTING –s 192.168.13.0/24 –p tcp --dport 80 –j REDIRECT –-to-port 3128

*Keterangan :

-t nat : akan membuat satu tabel baru pada iptables.

-A PREROUTING : akan membuat satu aturan baru pada bagian

ROUTING

-s 192.168.28.254/24 : Sumber jaringan yang akan dilakukan prerouting

-p tcp : melalui port yang menggunakan protokol tcp

--dport 80 : untuk port 80

-j REDIRECT : mengarahkan

--to-port 3128 : menuju port 3128

  1. Simpan konfigurasi iptables dan tuliskan konfigurasi pada file rc.local agar dapat dibooting sewaktu-waktu Router restart. Masuk pada perintah berikut :

# vi /etc/init.d/boot.local

iptables –t nat –A PREROUTING –s 192.168.3.0/24 –p tcp -–dport 80 –j REDIRECT –-to-port 3128

  1. setelah semua konfigurasinya selesai, anda coba lakukan cek hasil konfigurasi squid dari client dengan mencoba mengakses internet misalnya mengakses www.google.com lalu masukkan kata-kata yang terdaftar dalam daftar kata yang telah anda blokir misalnya masukan kata “buah”.

MEMBUAT WEB SERVER

Ø Web Server dengan menggunakan Apache2

  1. Sebelum melakukan konfigurasinya, terlebih dahulu kita lakukan installasi apache2-nya, dengan perintah berikut ini :

# yast –i apache2, atau dengan perintah zypper install apache2

2. Kemudian ketikkan perintah :

# cd /etc/apache2/vhosts.d/

Kemudian ls, untuk melihat

3. setelah itu anda copy kan hikmah.conf dengan perintah :

# cp vhost_template hikmah.conf

4.Anda lihat dengan perintah :

# vi hikmah.conf

Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Tambahkan di bawah NameVirtualHost <*80>

NameVirtualHost *:80

ServerAdmin hikmah.net

ServerName hikmah.net

Document root “/home/hikmah/public_html/”

Kemudian esc2x shift :wq, untuk keluar dari tampilan tersebut.

5. # chkconfig apache2 on, untuk menghidupkan apache-nya.

6. # rcapache2 start (start apache)

7. # rcapache restart

8. # vi /etc/apache2/default-server.conf

Pada baris 22 Option all

9. # vi /home/ilmiyah/public_html/index.html

<a href="http://www.hikmah.net/">www.hikmah.net</a>

WELCOME TO www.hikmah’s site hikmah server

10. Kemudian masuk ke directory /home/hikmah/public_html

# cd /home/hikmah/public_html

Kemudian ketikkan perintah :

# vi index.html

12.Anda links untuk melihat hasilnya, dengan perintah :

# links www.hikmah.net atau links 202.110.113.2

Akan muncul tampilan saat anda melakukan links :

Maka anda telah berhasil melakukan konfigurasi Web Server dengan menggunakan apache2.

Ø Web Server dengan menggunakan Xampp dan Joomla

Sebelum melakukan Setting Joomla, terlebih dahulu kita harus lakukan installasi Xammp.

v Definisi Xampp dan Joomla

Xampp merupakan gabungan dari Apache, PHP, MySQL, dan aplikasi web lainnya, sedangkan Joomla adalah aplikasi yang mengolah konten (Content Management System) yang bebas dan terbuka ditulis menggunakan PHP dan basis datanya MySQL.

Dengan menggunakan Xampp ini kita tidak perlu menginstall masing-masing aplikasi pendukung Joomla seperti Apache sebagai webserver, MySQL sebagai database server, dan skrip PHP.

Untuk Langkah-langkah membuat Web Server menggunakan xampp dan Joomla adalah sebagai berikut :

1. Langkah pertama, anda masukkan flasdisk yang di dalamnya telah terdapat aplikasi Xampp dan Joomla

2. Setelah itu anda ketikkan perintah :

# fdisk –l

3. Kemudian anda buat directory untuk tempat file-file yang ada pada flaskdisk agar bisa diakses dan anda masukkan pada directory tersebut, dengan perintah :

# mkdir /home/hikmah/fdisk

# mount /dev/sdb1 /home/hikmah/fdisk/

4. Setelah itu anda masuk ke directory yang terdapat file-file aplikasi Xampp dan Joomla dan anda copy aplikasi tersebut pada directory /home, dengan perintah :

# cd /home/fdisk

# cp Joomla_1.5.21-Stable-Full_Package.tar.gz /home/

# cp xampp-linux-1.7.2.tar.gz /home/

5. Ekstrak xampp-linux-1.7.2.tar.gz pada directory /opt/, dengan perintah :

# tar xampp-linux-1.7.2.tar.gz –C /opt/

Tunggu hingga proses pengekstrakan selesai.

6. Aktifkan xampp dengan perintah:

# opt/lampp/lampp start

7. Edit file /opt/lampp/etc/httpd.conf dengan perintah:

# vi /opt/lampp/etc/httpd.conf

8. Di dalam file /opt/lampp/etc/httpd.conf cari kata ServerAdmin tambah kata admin@hikmah.net, pada ServerName tambah kata www.hikmah.net:80, dan hilangkan tanda # pada include etc/extra/http-vhost.conf

Simpan dengan tekan esc 2x shift : wq, enter.

Simpan file tersebut dengan tekan esc2x shift :wq, enter

9. Kemudian anda masuk pada directory /opt/lampp/etc/extra/ dan edit file httpd-vhost.conf untuk pengalamatan nama web data data penyimpanan web.

# vi /opt/lampp/etc/extra/httpd-vhost.conf

Maka akan muncul tampilan berikut, anda edit sesuai dengan contoh pada gambar :

Simpan file dengan tekan esc2x shift :wq, enter

10. Pada httpd-xampp.conf berikan ip network yang digunakan dalam pembuatan Server.

# vi httpd-xampp.conf

Simpan file dengan tekan esc2x shift :wq lalu enter

11. Restart xampp, dengan perintah :

# /opt/lampp/lampp/restart

12. Edit file php.ini pada directory /opt/lampp/etc. pada kata display_errors = on menjadi display_errors = off.

# vi /opt/lampp/etc/php.ini

13. Restart kembali xampp dengan perintah:

# /opt/lampp/lampp restart

14. Anda pastikan computer client dapat terkoneksi dengan computer server untuk sementara. Karena pembuatan data base untuk Joomla lebih mudah dengan menggunakan computer yang berbasis GUI.

15. Anda lakukan browser, kemudian anda isikan alamat web yang akan di browser pada address bar. Muncul beberapa pilihan bahasa, anda bias memilih “English”, jika anda ingin menggunakan bahasa inggris.

maka akan muncul Tampilan Xampp

16. Pada tampilan awal, terdapat pilihan phpMyAdmin, anda isikan nama untuk database yang akan digunakan sebagai wadah dari data web yang akan digunakan.

17. pada computer server, anda buat directory untuk penyimpanan data dari Joomla, dengan perintah :

# mkdir /opt/lampp/htdocs/Joomla

18. Lakukan extrak aplikasi Joomla_1.5.21-Stable-Full_Package.tar.gz pada directory Joomla dengan ketikkan perintah :

# tar xvfz Joomla_1.5.21-Stable-Full_Package.tar.gz –C /opt/lampp/htdoscs/Joomla

Maka proses extrak akan berjalan seperti pada gambar, tunggu hingga prosesnya selesai.

Joomla akan malakukan proses extrak, anda tunggu hingga proses pengekstrakannya selesai.

18. Kemudian buat database. Buka di hikmah.net/phpmyadmin (domain anda/phpmyadmin) dengan links.

Karena pada awal konfigurasi DNS kita telah menginstall links, maka kita bisa langsung lakukan links ke hikmah.net/phpmyadmin.

Buka hikmah.net/phpmyadmin (domain anda/phpmyadmin) dengan cara :

# links hikmah.net/phpmyadmin

19. Masukkan User Id dan Password xampp.

User ID : lampp

Password : (password xampp)

20. Masuk di jendela phpmyadmin. Pilih Bahasa. Masukkan Username dan password yang di set di xampp.

Username : root

Password : (password yang anda set di xampp)

21. Buat database dengan Tab ke samping. Isi nama database terserah anda misal “joomla”. Kemudian create tekan enter.

22. Kemudian keluar dari links tekan tombol Q dan pilih yes.

23. Masuk konfigurasi vhost di xampp dengan perintah :

# vi /opt/lammp/etc/extra/httpd-vhosts.conf

24. Edit httpd-vhosts.

Setting seerti dibawah ini :

NameVirtualHost 202.110.113.2:80

ServerAdmin admin@hikmah.net

DocumentRoot /home/ilmiyah/public_html

ServerName hikmah.net

ServerAlias www.hikmah.net

ErrorLog logs/dummy-host.example.com-error_log

Customlog log/dummy-host.example.com-access_log common

Kemudian simpan dengan tekan tombol esc 2x shift :wq, Enter.

25. lakukan restart Xampp,dengan perintah :

# /opt/lampp/lampp restart.

26. Buka Browser di computer client untuk melakukan proses penginstallan Joomla pada computer client. Anda buka www.hikmah.net (DNS anda). Akan tampil seperti gambar dibawah. Pilih bahasa dan Klik Next.

27. Pada langkah berikutnya, ternyata ada yang tidak jalan yaitu configuration.php writable .

28. Kita harus mengubah hak akses dengan cara :

# chmod 777 /home/hikmah/public_html/ (tempat penyimpanan data joomla)

29. Kemudian refresh kembali pada langkah yang ke dua tersebut. Dan akan berubah menjadi yes.

30. Selanjutnya yaitu License, untuk licensi ini anda bisa langsung next.

31. untuk Database anda setting seperti berikut ini :

Database Type : mysql

Host Name : localhost

Username : root

Password : ***********

Database Name : joomla

Kemudian Next.

32. setelah itu FTP, jika punya isikan. Jika tidak lewati saja. Pilih Next.

33. dalam Main Configuration. Isi :

Site Name : hikmah’s Site

Your E-mail : admin@hikmah.net

Admin Password : ***********

Confirm Admin Password : ***********

Jangan lupa Install Sample Data, dengan cara :

Kemudian Next.

34. langkah yang terakhir yaitu Finish. Tetapi terlebih dahulu anda harus menghapus direktori installation di computer server.

35. kemudian masuk pada directori penyimpanan joomla.

# cd /home/hikmah/public_html/

# rm –r installation/


36. Buka di browser www.hikmah.net (Alamat Web Server Anda)

Setelah proses penginstallan Joomla selesai, anda restart xampp

37. Restart xampp dengan perintah:

#/opt/lampp/lampp restart

38. Pada PC Client, anda ketik di address bar www.hikmah.net, jika muncul tampilan di bawah ini. Maka konfigurasi Joomla anda telah berhasil.

DHCP SERVER

Langkah-langkah setting DHCP Server, antara lain sebagai berikut :

1. # yast –i dhcp atau bisa juga dengan perintah zipper –i dhcp (jika anda menggunakan text)

2. ketikkan perintah :


# vi /etc/dhcpd.conf


3. kemudian restart dhcp-nya, dengan perintah :

4. pada # vi /etc/sysconfig/dhcpd, atur berikut ini :

DHCP_INTERFACE=”eth1”

5. setelah itu restart dhcp-nya dengan perintah :

# rcdhcpd restart

FTP SERVER

Langkah-langkah konfigurasi FTP, adalah sebagai berikut :

1. langkah yang pertama yaitu, install ftp dengan perintah :

# yast –i vsftpd

2. # vi /etc/vsftpd.conf

# Hilangkan tanda pagar ( # ) pada :

Write_enable = YES

Dirmessage_enable = YES

Nopriv_user = ftpsecure

Local_enable = YES

Local_umask = 022

Anonymous_enable = YES

Anon_world_readable_only = YES

Anon_umask = 022

Anon_upload_enable = YES

anon_mkdir_write_enable = YES

chown_uploads = YES

syslog_enable = YES

log_ftp_protocol = YES

Xferlog_enable = YES

Vsftp_log_file = /var/log/vsftp.log

xferlog_std_format = YES

Connect_from_port_20 = YES

Idle_session_timeout = 600

Data_connection_timeout = 120

Ascii_upload_enable = YES

Pam_service_name = vsftpd

Listen_ipv6 = YES

Ssl_enable = NO

Pasv_min_port = 30000

Pasv_max_port = 30000

3. Tambahkan juga FTP pada DNS di bawah www

# ftp IN CNAME hikmah .net

  1. Untuk mendaftarkan username dan password, anda ketikkan perintah :

# user add ilmiyah

# psswd ***********

Tambahkan chmod 777 /home/ilmiyah/public_html

KONFIGURASI MAIL SERVER

Ø WEBMAIL

Webmail adalah suatu fasilitas yang digunakan sebagai interface GUI antara user dengan mail server, untuk memudahkan user dalam melakukan browsing terhadap mail servernya. Terdapat dua protocol utama yang digunakan untuk memberikan layanan e-mail, yaitu SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan IMAP (Inter Mail Application Protokol). Pada Linux Debian Woody, dapat menggunakan paket postfix yang bertugas mengirimkan / mentransfer e-mail antar komputer dengan menggunakan SMTP.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) mempunyai fungsi agar client dapat mengirim e-mail, sedangkan untuk IMAP (Inter Mail Application Protokol) fungsinya agar client dapat menerima, mengambil dan membaca e-mail.

Ø POSTFIX

Postfix digunakan sebagai resident master server yang menjalankan Postfix daemon process on demand (sesuai permintaan), daemon process digunakan untuk mengirim atau menerima mail message di jaringan, juga digunakan untuk menyampaikan mail secara lokal, dll.

Proses ini diciptakan sesuai jumlah yang bisa diatur/dikonfigurasi, dan bisa digunakan kembali sampai sekian kali sesuai dengan konfigurasi, dan hilang dengan sendirinya dalam batas waktu yang dapat di konfigurasi juga. Pendekatan ini secara drastis mengurangi overhead penciptaan proses selain itu juga masih melakukan pembagian/pembatasan yang bagus pada proses yang berbeda.

Postfi x adalah Mail Transfer Agent yangdikembangkan oleh Wietse Venema.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Postfix, antara lain adalah :

  • Performance. Postfi x mampu melayani sejuta e-mail dalam sehari. Hal ini menunjukkan kalau Postfi x dapat dikategorikan sebagai mail server berskala besar.
  • Kompatibilitas. Postfi x sangat kompatibel dengan Sendmail (yang sudah banyak dipergunakan orang sebagai MTA di UNIX).
  • Postfi x terdiri beberapa program kecil yang saling tidak percaya. Jika Sendmail hanya mempunyai satu program besar dan satu fi le konfi gurasi besar, Postfi x memiliki program-program kecil yang menjalankan tugasnya secara spesifi k.
  • Keamanan. Postfi x dijalankan dengan proteksi bertingkat, oleh program-program kecil yang saling tidak percaya. Masing-masing program dijalankan oleh user khusus (bukan setuid).
  • Multiple Transport. Postfi x dapat mengirim surat dengan modus SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan UUCP (Unix to Unix Copy Protocol) sekaligus.
  • Mendukung format Maildir. Maildir adalah format boks penyimpanan surat dalam bentuk folder daripada berbentuk satu fi le (mbox).
  • Kemudahan konfi gurasi. Meskipun Postfix terdiri dari banyak program kecil, namunhanya memiliki satu fi le konfi gurasi yang mudah untuk di-setting, yakni /etc/postfi x/main.cf.


Cara kerja Postfix

Berikut sekilas bagaimana cara Postfix bekerja:

Jika ada mail lokal, maupun mail remote yang mempergunakan SMTP, diletakkanke dalam direktori /var/mail/postfi x/maildrop. Direktori ini world writable, dan permission-nya selalu dicek oleh pickup daemon setiap kali ada mail masuk.

Di sini akan dicek host, domain, maupun username yang dituju. Pengecekan juga termasuk yang didefi nisikan di /etc/aliases dan ~/.forward. Jika bermasalah, mail akan dikembalikan ke pengirim. Biasanya ada satu tembusan ke postmaster.

Dari maildrop, mail akan di-clean-up dengan menambahkan header, dan meletakkannya di direktori /var/mail/postfix/incoming. Di sini program queue manager akan diaktifkan. Queue Manager akan memisahkan mailmail yang ditujukan untuk jaringan lokaldan mail yang ditujukan untuk host/jaringan remote. Jika ada mail yang macet, Queue Manager akan memilahnya, sehinggatidak mempengaruhi pengantaran mail lainnya.

Trivial-rewrite adalah program yang dipanggil oleh Queue Manager untuk resolving alamat dari tujuan surat.

Installasi Postfix dan mengaktifkan mail service

1. Installasi Postfix

· Cek apakah paket2 tersebut sudah terinstall di komputer anda, untuk mengeceknya ketikkan perintah :

# rpm –qa | grep postfix

Jika ada akan nampak postfix-......rpm

· Jika belum terinstall postfix, ketikkan perintah rpm –ivh

· Cek apakah sendmail juga terinstall, jika iya, hapus dengan perintah:

# rpm –e –nodeps

2. Mengaktifkan service postfix

# service potfix start

3. Cek apakah daemon postfix sudah bekerja dengan perintah :

# nmap localhost

Jika sudah bekerja, akan nampak port 25 terbuka untuk SMTP.

Anda bisa juga mengecek dengan perintah

# telnet localhost 25

Ketik quit untuk keluar kemudian enter.

Konfigurasi Postfix

1. Untuk mengkonfigurasikan Postfix, Anda tinggal mengedit file konfigurasi postfix yang berada di /etc/postfix/main.cf . Beberapa parameter penting yang perlu diedit untuk memfungsikan Postfix:

myhostname = mail.hikmah.net

mydomain = hikmah.net

myorigin = $myhostname

inet_interfaces = all

2. Berikutnya, reload service Postfix untuk melihat perubahan dengan mengetikkan perintah berikut:

# /etc/init.d/postfix reload

Jika reload gagal, coba restart lagi service postfix. Kemudian ikuti dengan reload.

3. Coba liat perubahan yang anda lakukan dengan perintah :

# postconf –n

5. Coba cek log mail di /var/log/maillog.

6. anda lakukan restart lagi postfix dengan perintah :

# service postfix restart

7. Buat 3 user baru di servermail anda, yaitu user1, user2 dan user 3

useradd

passwd

Lakukan Testing Postfix

1. anda coba dengan melakukan pengiriman mail internal PC :

· Coba telnet dan kirim pesan lewat mail server anda.

# telnet mail.hikmah.net 25

· Masukkan isi mail anda dengan cara berikut

Jangan lupa, buat user baru ilmiyah di PC anda.

Perhatikan bahwa untuk mengakhiri email, ketik .

  • Coba buka /var/spool/mail/ilmiyah dengan perintah :

# vi /var/spool/mail/ilmiyah

Lihat apakah sama dengan isi mail yang anda kirim. Jika sudah sama, berarti anda berhasil.

2. Mengirim mail antar computer. Coba anda lakukan hal yang sama dengan menggunakan mail server yang sudah anda buat.

  • Perhatikan konfigurasi hikmah.zone

Pada konfigurasi ini anda bisa menambahkan mail.hikmah.net jika anda membuat mail. Anda bisa men-settingnya pada konfigurasi DNS dengan masuk pada perintah :

# vi hikmah.zone, anda konfigurasi seperti dibawah ini :

$TTL 86400

@ IN SOA ns.hikmah.net. root.hikmah.net. (

2001031102 ; serial

10800 ; refresh

3600 ; retry

604800 ; Expire

86400 ;

)

hikmah.net IN NS ns.hikmah.net.

ns IN A 202.110.113.2

www IN CNAME ns.hikmah.net.

mail IN CNAME mail.hikmah.net.

ftp IN CNAME ns.hikmah.net.

  • Perhatikan juga file 202.110.113.zone

$TTL 86400

@ IN SOA ns.hikmah.net root.hikmah.net. (

42 ; serial (d. adams)

3H ; refresh

15M ; retry

1W ; expire

1D ; minimum

)

@ IN NS ns.hikmah.net.

@ IN A ns.hikmah.net.

2 IN PTR ns.hikmah.net.

  • Restart dulu DNS server anda. Dengan perintah :

# rcnamed restart

Pastikan hasilnya OK.

  • telnet dari computer lain ke computer anda.

# telnet mail.hikmah.net 25

  • kirim ke user yang ada di computer anda.

Dovecot (IMAP service)

1. Anda lakukan penginstallasian dovecot dengan perintah :

#zypper install dovecot

2. Lalu kita konfigurasi dovecot, dengan perintah :

#vi /etc/dovecot/dovecot.conf

Akan muncul tampilan berikut :

Hilangkan tanda pagar (#) pada protocol, lalu isi protocol dengan imap dan pop3

Protocol = imap pop3

3. anda buat folder untuk squirrelmail, dengan perintah :

# mkdir /var/local/

Masuk ke directory /home, dengan perintah :

# cd /home/

Lalu masuk lagi ke directory /flash, dengan perintah :

# cd /flash/

Kemudian # ls

Maka akan muncul tampilan folder-folder apa saja yang terdapat di dalam flashdisk

Setelah itu kita extract squirrelmail ke directory /var/local, dengan perintah :

# tar vfxz squirrelmail-20101105_0200-SVN.devel.tar.gz –C /var/local

4. anda rename squirrelmail.devel dengan nama squirrelmail

5. kemudian konfigurasi ./config yang ada pada directory /var/local/squirrelmail

Isi command dengan opsi pilihlah “2”

Untuk merubah nama domain anda pilih “1”

Isi dengan nama domain yang telah kita buat “hikmah.net”

Pada opsi ini kita pilih “D” untuk menambahkan kurir pengirim mail yaitu dovecot

Kita tambahkan dovecot pada command

6. konfigurasi httpd-vhost.conf

# vi /opt/lamp/etc/extra/httpd-vhost.conf

Lalu kita membuat virtual dari webmail tersebut yang akan kita buat

ServerAdmin hikmah.net

DocumentRoot /var/local/squirrelmail

ServerName mail.hikmah.net

7. selanjutnya kita membuat directory data yang berguna untuk hak akses user pada squirrelmail lalu kita member hak akses penuh pada directory data squirrelmail tersebut

# mkdir var/local/squirrelmai/data

# chmod 777 var/local/squirrelmai/data

8. buat user untuk mencoba pengtest-an mail

User pertama kita buat adalah “word1” dan user kedua adalah “word2”

9. Setelah user sudah dibuat, coba lakukan brows pada mozilla, internet explorer atau opera dengan ketikan alamat webmail anda yaitu “mail.hikmah.net”, ketikkan pada bar.

Anda log in dengan menggunakan user pertama yaitu word1

Coba anda lakukan pengiriman pesan pada user kedua yaitu “word2” klik send untuk melakukan pengiriman.

10. user kedua log in untuk melihat hasil dari pengiriman dari user pertama.

Anda log in dengan user kedua yaitu “word2”

Anda pilih “INBOX” untuk melihat pesan masuk yang dikirim oleh user pertama, klik mail dari user pertama yaitu “word1”

11. Jika telah terdapat mail yang masuk maka konfigurasi mail anda telah berhasil. Anda sudah bisa melakukan pengiriman dan penerimaan mail dengan log in menggunakan user pertama maupun user yang kedua.

0 komentar: